Cara Membuat Panel Surya Dari Barang Bekas

Cara Membuat Panel Surya / PhotoVoltage / Solarcell

 

Cara Membuat Panel Surya Dari Barang Bekas– Pembuatan panel surya menggunakan barang bekas adalah salah satu cara penghemaatan dan pembaharuan energi, seperti yang kita ketahui energi matahari adalah energi yang berlimpah di alam semesta ini. Pembuatan menggunakan barang bekas akan sangat hemat karena barang-barang yang digunakan kebanyakan bukan barang yang berharga mahal sedangkan kita tahu panel surya saat ini masih memiliki harga yang cukup tinggi.

Cara Membuat Panel Surya Dari Barang Bekas
Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat panel surya

  • Bahan:
     Selembar lempengan tembaga yang tipis dengan ukuran kira-kira 15cm x 30cm
    2 jepit buaya
    Micro amperemeter yg sensitive yang dapat membaca antara 10 dan 50 micro ampere.
    Kompor listrik dengan daya besar 1100 Watt.
    Botol plastik besar atau bisa juga menggunakan botol air mineral 2 liter yang dipotong atasnya. Gelas dgn mulut yang besar juga bisa digunakan.
    Garam dapur, dibutuhkan beberapa sendok makan garam dapur.
    Air kran
    Kertas amplas atau sikat kawat
    Gunting untuk memotong lembaran tipis tembaga

 

Cara kerja:
Pertama potonglah lempengan tembaga dengan ukuran sebesar pemanas tungku kompor listrik. Lalu cuci tangan untuk menghilangkan noda lemak di tangan. Kemudian cuci lembaran tembaga tersebut dengan sabun agar noda-noda minyak atau lemak di permukaannya hilang. Gunakan kertas amplas atau sikat kawat untuk membersihkan sepenuhnya permukaan lembaran tembaga sehingga noda sulfida atau sedikit korosi dapat diangkat.
Setelah itu tempatkan lempengan tembaga yang sudah dibersihkan dan dikeringkan di atas tungku pemanas dan hidupkan kompor listriknya pada angka yang tertinggi.

Pada saat lempengan tembaga mulai panas, akan terjadi perubahan yaitu terlihat pola oksidasi yang indah mulai terbentuk. Warna orange, ungu dan merah mulai menutupi permukaan tembaga.

Pada saat lempengan tembaga mulai panas, warnanya akan berubah menjadi kehitaman yang merupakan lapisan cupric oxide atau oksida tembaga.
Selanjutnya pola warna tersebut akan menghilang seiring dengan pemanas yang mulai merah membara
Ketika pemanas mulai merah membara, lempengan tembaga akan dilapisi dengan oksida tembaga hitam. Biarkan dipanasi selama setengah jam sehingga lapisan hitamnya akan semakin tebal. Ini penting lapisan tebal akan mengelupas dengan mudah, sementara lapisan tipis akan tetap nempel pada tembaga.

Setelah setengah jam pemanasan, matikan kompor. Biarkan lempengan tembaga panas di atas tungku mendingin perlahan-lahan. Bila mendinginkan terlalu cepat, oksida hitam akan tetap nempel di tembaga.

Pada saat tembaga mendingin, maka ia akan menciut. Oksida tembaga hitam juga menciut, tetapi menciutnya pada rentang yang berbeda, membuat oksida tembaga hitamnya mengelupas.

Si Hitam kecil mengelupas keluar dari tembaga dengan gaya yang cukup untuk membuat mereka terbang beberapa inci. Ini berarti semakin kecil usaha pembersihannya di sekitar kompor, tetapi itu menyenangkan untuk dilihat.

Ketika tembaga telah mendingin sesuai dengan temperature ruangan ( kira-kira membutuhkan waktu 20 menit ), hampir sebagian besar oksida hitam akan hilang. Gosok secara lembut dengan tangan di bawah air yang mengalir yang akan mengangkat sebagian besar small bits. Jangan mengangkat semua bintik hitam dengan keras menggosok atau melenturkan lempengan tembaga tipis ini. Ini mungkin merusak lapisan lembut oksida tembaga merah yang kita perlukan untuk membuat solar cell bekerja.

Pemasangan selanjutnya adalah sangat sederhana dan cepat. Potong lempengan tembaga lain yang ukurannya sama seperti yang pertama. Tekuk kedua ujung perlahan, sehingga dapat muat masuk ke dalam botol plastik tanpa menyentuh satu sama lain. Lapisan oksida tembaga yang menghadap ke atas di atas tungku biasanya adalah sisi yang terbaik untuk menghadap ke luar di dalam botol karena itu adalah permukaan yang terhalus dan terbersih.

Pasang 2 jepit buaya, satu untuk plat tembaga yang baru dan yang satunya lagi untuk plat oksida tembaga. Hubungkan ujung dari plat tembaga bersih dengan terminal positif dari meter. Hubungkan ujung dari plat oksida tembaga dengan terminal negatif dari meter.

Sekarang campurkan sepasang sendok makan garam dapur ke dalam air panas. Aduk air garam sampai garamnya larut. Kemudian dengan hati-hati tuangkan air garam ke dalam botol, hati-hati jangan sampai ujung jepit buayanya basah. Air garam tidak harus menutupi plat, tinggalkan kira-kira 1 inchi tinggi plat dari permukaan air garam tersebut sehingga kita dapat menggerakkann solar cell ke sekeliling tanpa membuat jepit buayanya basah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *