Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

                  Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

            Pembangkit listrik tenaga surya memiliki banyak keunggulan yang sangat menguntungkan. Penggunaan nya yang tergantung pada matahari membuat pembangkit listrik tenaga surya ini menjadi penting karena matahari merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui dan dapat dijangkau walau daerah pedalaman sekalipun.

                 Sebelum mengenal pembangkit listrik tenaga surya ini alangkah lebih baik jika kita mengetahu komponen nya terlebih dahulu. Berikut akan kami jelaskan apa saja komponen listrik tenaga surya.

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Regulator
Regulator adalah panel pengendali atau pengatur atau controller. Controller ini biasanya ter-integrasi dengan sebuah kotak Batere. Controller adalah sebuah perangkat elektronik berbentuk kotak yang berfungsi untuk mengatur aliran listrik dari panel surya ke Batere atau aki menuju ke perangkat elektronik yang ada di rumah.

Inverter
Inverter adalah seperangkat alat yang merupakan rangkaian komponen elektronika yang di gunakan untuk mengubah arus DC (Direct curent) menjadi arus AC (alternating curent). Inverter ini dapat kita jumpai pada berbagai macam jenis paralatan elektronika. Tanpa alat ini arus DC yang dihasilkan oleh panel surya tidak akan dapat digunakan secara langsung oleh alat alat ekektronika yang biasanya membutuhkan arus AC sebagai daya utamanya.

Baterai
Baterai berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh panel surya sebelum dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. Beban dapat berupa lampu penerangan atau peralatan elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.
Instalasi pembangkit listrik dengan tenaga surya membutuhkan perencanaan mengenai kebutuhan daya:
Jumlah pemakaian
Jumlah solar panel
Jumlah baterai

 

Panel surya / solar panel
Solar panel / panel surya mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Sel silikon (disebut juga solar cells) yang disinari matahari/ surya, membuat photon yang menghasilkan arus listrik. Sebuah solar cells menghasilkan kurang lebih memiliki tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel (untuk menghasilkan 17 Volt tegangan maksimum).
Umumnya kita menghitung maksimum sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Tenaga listrik pada pagi – sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik bisa digunakan pada malam hari, dimana tanpa sinar matahari.

 

Tags: , , , , , , , ,