MEMBANGUN SISTEM TENAGA SURYA UNTUK RUMAH ANDA

APA SAJA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBANGUN SISTEM TENAGA SURYA UNTUK RUMAH ANDA ?

1. Buat Anggaran.

Tenaga surya umumnya membutuhkan biaya (modal) besar di awal dan–jika berjalan dengan baik–bisa menghemat uang untuk jangka panjang (biaya operasional yang rendah). Jika Anda memperkirakan bahwa proyek tenaga surya akan menghabiskan sebagian besar pendapatan bulanan, atau lebih, buat anggaran untuk pengeluaran total dan proyek untuk memastikan proyek tidak menimbulkan kesulitan keuangan bahkan jika proyek ini tanpa diduga gagal.

Energi surya dapat menghemat banyak uang jika dibandingkan dengan sumber energi yang lama dan tidak efisien atau terpakai habis seperti lampu minyak. Tenaga surya juga bisa menambah penghasilan karena dapat membantu Anda membaca dan belajar supaya menjadi lebih produktif, atau bekerja dengan perkakas listrik ketimbang perkakas manual. Jangan memasukkan tabungan dan pendapatan tambahan dalam mempertimbangkan pemakaian tenaga surya, karena rencana ini bisa saja gagal. Tetapi, begitu Anda merasa cukup mampu untuk memasang sistem ini, baik juga memasukkan mereka menjadi bahan pertimbangan, tetapi ingat, rencana ini bisa saja tak sebaik yang Anda harapkan.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 2

2. Putuskan apakah Anda menginginkan alat bertenaga surya atau sistem tenaga surya.  


Alat bertenaga surya yang berdiri sendiri, seperti lampu tenaga surya, lampu cas, atau pengecas ponsel khusus, masing-masing lebih murah, lebih mudah dibawa, dan tidak membutuhkan keahlian pemasangan, dan, karena berdiri sendiri, lebih tidak membutuhkan perawatan. Sistem yang memiliki beberapa komponen terpisah (yang bisa dibeli sebagai satu perangkat lengkap yang pasti bekerja dengan baik) lebih murah dan efektif dalam jangka panjang karena sel surya dan baterai yang mahal dapat dipakai bersama banyak alat, dan karena lebih banyak pemasok yang saling bersaing kualitas dan harga untuk peralatan dan komponen tenaga surya yang besar ketimbang alat bertenaga surya yang berdiri sendiri.
  • Beberapa alat yang berdiri sendiri mencakup beberapa fungsi, seperti lampu, radio dan stopkontak untuk mengecas ponsel.
  • Jika Anda tidak berpengalaman dengan tenaga surya, cobalah menggunakan alat berdiri sendiri yang sederhana dan berdaya rendah tetapi berkualitas baik seperti lampu untuk melihat apakah Anda menyukainya dan memahami prinsip sederhana pengoperasiannya.
  • Jika daerah Anda kurang aman, ingatlah bahwa alat yang berdiri sendiri–yang sebagian atau seluruh alatnya sering diletakkan di jendela atau di luar untuk dicas–lebih mungkin menjadi sasaran pencuri kecil, tetapi sistem yang lebih berharga (atau komponen seperti panel) lebih mengundang pencuri yang terorganisir.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 3

3    Memahami komponen-komponen dasar sistem tenaga surya.


  • Sel surya, disusun dan dilindungi dalam panel surya. Ini adalah alat pipih yang mengubah cahaya menjadi listrik. Sel-sel umumnya menghasilkan voltase yang konstan, tetapi arus listrik terus-menerus bervariasi seiring dengan jumlah cahaya yang ditangkap; voltase dan jumlah watt (daya keluaran, dalam kondisi baik) tergantung pada bagaimana sel-sel disusun di dalamnya. Daya yang tidak stabil tidak terlalu baik dalam pengoperasian alat lain, dan bisa merusak mereka, maka ia harus disambungkan pada…
  • Pengatur arus. Pengatur arus adalah sebuah sistem komponen elektronik yang memperlancar aliran listrik dari panel surya, dan mengatur aliran listrik yang keluar dari…
  • Baterai. Baterai adalah seperangkat sel galvanik yang menyimpan listrik. (Dalam bahasa sehari-hari, kata ini mengacu pada satu sel, seperti baterai AA, atau satu set dari banyak sel, seperti baterai 9-volt atau aki mobil; sistem tenaga surya biasanya menggunakan banyak sel karena voltase yang lebih tinggi lebih praktis dan mudah dipakai oleh perangkat lain.) Sistem tenaga surya menggunakan baterai yang dapat dicas untuk menyimpan energi untuk menghindari gangguan dan dapat menyalurkan tenaga listrik ketika sinar matahari tidak cukup atau ketika daya listrik yang besar, yang telah disimpan sebelumnya, dibutuhkan dalam waktu singkat. Daya listrik dapat diambil langsung dari baterai (atau, lebih baik, melalui pengatur arus, yang mengatur aliran listrik untuk melindunginya). Tetapi listrik juga bisa diubah dari listrik DC dari baterai yang biasanya bervoltase rendah menjadi listrik AC voltase tinggi (sekitar 120 atau 240 volt) yang sesuai dengan peralatan listrik yang banyak tersedia di toko, yang biasanya murah dan bagus, dengan menggunakan…
  • Inverter. Sebuah “inverter” adalah sebuah sistem komponen elektronik yang mengubah aliran listrik DC menjadi AC, dan biasanya mencakup juga fungsi untuk menaikkan voltase. Inverter bisa saja tergabung dengan pengatur arus dalam satu alat. Dari inverter (jika tidak melalui baterai atau pengatur arus), listrik dialirkan ke…
  • Alat listrik, lampu, alat elektronik, perkakas, gadget, dan apa saja yang ingin dijalankan. Listriknya dialirkan melalui…
  • Kabel. Pilihlah kabel yang sesuai dengan voltase dan arus yang dipakai. Jika Anda memiliki sistem sederhana yang hanya disambungkan dengan beberapa perangkat sederhana seperti lampu bervoltase rendah, ia bisa disambungkan secara langsung dengan kabel. Tetapi, jika Anda memiliki banyak perangkat listrik, Anda harus memasang…
  • Stopkontaksakelar dan komponen listrik yang lain. Jaringan listrik Anda akan lebih serbaguna dan murah untuk dikembangkan jika menggunakan voltase dan tipe sambungan yang biasa dipakai untuk alat-alat listrik di daerah Anda. Listrik di mana-mana sama, tidak banyak berbeda dengan yang dihasilkan dengan cara berbeda; prinsip umum dari instalasi dan pemasangan listrik berlaku. Jika ada yang tidak beres, Anda akan merasa bersyukur jika Anda sudah memasang…
  • Sakelar Pemutus atau, yang kurang praktis, sekering dan alat gagal-aman lain seperti pelindung panas berlebih pada komponen besar seperti pengatur arus atau kotak sekering. Alat-alat ini memutus arus atau merusak dirinya sendiri untuk mencegah masalah kelistrikan menjadi kebakaran. Jika alat sekali pakai seperti sekering digunakan, pastikan Anda memiliki cadangan.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 4

4 . Putuskan sifat apa yang paling penting dalam sistem tenaga surya Anda. Ada beberapa kompromi yang harus dibuat.

  • Kemudahan. Sebuah unit tunggal atau sebuah kit lengkap dengan petunjuk mendetail bisa jadi cukup baik jika komponen tambahan dan teknisi yang baik sulit dicari di daerah Anda.
  • Umur pakai. Meskipun semua peralatan tenaga surya umumnya berumur panjang, peralatan yang berusia sangat panjang, seperti halnya peralatan sederhana, cocok untuk dipakai di daerah yang sulit dijangkau ketika mendapatkan barang adalah hal yang sulit atau mahalnya biaya transportasi, ketimbang melihat harga peralatannya saja. (Masalah ini bisa ditangani dengan menyimpan suku cadang yang tahan lama disimpan, seperti bohlam dan sakelar, tetapi tidak berlaku untuk benda yang bisa rusak jika tidak dipakai seperti baterai).
    • Jika Anda berada di daerah yang relatif sulit dijangkau, garansi atau jaminan barang kembali tidak lebih baik daripada alat yang berkualitas tinggi yang terkenal reputasinya, karena Anda akan kesulitan untuk mendapatkan servis “gratis” atau penggantian alat baru.
  • Daya tahan. Jika Anda tidak tinggal dalam rumah yang kokoh dan tertutup, atau akan menaruh seluruh alat di luar rumah selama pengecasan, pastikan semua komponen terlindungi secara layak dari kelembapan atau pengaruh cuaca dengan segel, dan bila perlu buat lubang pembuangan air. (Ini adalah cara yang paling mudah untuk komponen yang terintegrasi atau alat yang berdiri sendiri.) Jika banyak terjadi kejahatan di daerah Anda, pastikan terutama untuk komponen yang dipasang di luar, termasuk alat yang berdiri sendiri atau panel pengecasan yang dapat dilepas jika ia dianggap cukup mahal di daerah Anda, dapat dipasang secara aman di tempat yang relatif sulit dijangkau (seperti di atas atap tinggi) dan terbuat dari komponen yang kuat dan anti vandalisme (seperti kaca atau plastik ekstra kuat yang tembus pandang di atas panel).
  • Kapasitas. Sistem komponen yang lebih besar dan mahal dapat memproduksi, menyimpan dan mengalirkan lebih banyak listrik. Menambah daya lebih pada suatu fungsi umumnya memberikan hasil yang makin menurun: misalnya, semakin besar bohlam semakin nyaman suasana sekitar walaupun ia tidak serta merta membuat pekerjaan kita lebih efisien. Tetapi daya lebih juga dapat membuat kita mampu melakukan pekerjaan tambahan, seperti mengoperasikan komputer, perkakas listrik bahkan sebuah microwave.
  • Efisiensi. Peralatan yang lebih efisien berkemampuan lebih dengan jumlah listrik yang sama. Sinar matahari memang gratis, tetapi peralatan tenaga surya yang dipakai untuk membuat setiap unit energi secara keseluruhan jauh lebih mahal daripada sumber listrik lain pada umumnya, jadi efisiensi adalah hal yang penting.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 5
5 Pilihlah sistem komponen yang memenuhi kebutuhan Anda saat ini dan manfaatkan sebaik-baiknya. Komponen yang lebih murah, seperti baterai, harus memiliki kapasitas yang dapat memenuhi kebutuhan komponen yang lebih mahal, seperti sel surya. Jika Anda membeli seperangkat alat all-in-one, pastikan bahwa kompromi dari komponen yang terpasang dapat diterima: setiap kemampuan yang dihilangkan atau daya tahan yang dikurangi dapat diterima dan dikompensasikan oleh harga yang jauh lebih rendah dan/atau (jika kemudahan adalah penting) beratnya.
  • HIndari alat yang dikunci dari pabrikan.[1] Pastikan sistem komponen utama mengikuti desain dan kesesuaian standar yang tidak dibatasi oleh pabrikan tertentu. Misalnya, alatnya harus bisa bekerja pada voltase dan tipe koneksi yang dipakai oleh banyak pengatur arus dan peralatan listrik.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 6

6. Memilih panel surya. Ada beberapa tipe sel surya yang masing-masing bervariasi dalam efisiensi per unit luasan dan penurunan kualitas seiring waktu. Tetapi, kecuali kalau Anda berencana membeli begitu banyak sehingga pertimbangan tempat cukup menjadi masalah, biasanya lebih penting untuk memilih panel terpasang yang tahan lama (karena mereka akan terkena panas hujan), dan memiliki harga yang murah per watt (laju produksi listrik).

  • Pastikan panel surya pada perangkat all-in-one memiliki kapasitas yang cukup. Karena panel surya adalah perangkat yang mahal, pabrikan bisa saja menguranginya. Pengecasan satu hari biasanya mencukupi untuk melakukan semua yang Anda inginkan dalam satu hari, misalnya menyalakan lampu selama empat jam, jika alat itu memiliki pengecas ponsel, lakukan pengecasan pada saat bersamaan.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 7
7. Memilih baterai yang sesuai. Kapasitas baterai diukur dalam watt-jam; misalnya, baterai 100 watt-jam dapat menampung 5 watt selama 20 jam pengecasan (atau sedikit lebih lama karena daya yang hilang) dan melepaskan daya 25 watt selama empat jam penggunaan. Sistem yang lebih besar biasanya menggunakan banyak baterai yang terpasang paralel. Ada banyak jenis baterai, dengan karakteristik yang jelas berbeda — tidak seperti panel surya, ini tidak hanya sekadar masalah daya per unit ukuran atau harga. Baterai harus cukup besar untuk menampung pengecasan satu haru penuh dari panel surya; dan lebih jika Anda ingin melewatkan satu hari tanpa mengecas dan tetap dapat menggunakan peralatan secara penuh. Baterai tidak boleh dicas terlalu cepat; pastikan kalau baterai yang menerima limpahan energi dari panel surya dapat menerima kapasitas pengecasan secara maksimum.
  • Aki basah (baterai timbal-asam) cukup murah jika dilihat dari kapasitas dan daya tahannya tetapi tidak sesuai untuk peralatan portabel karena diisi dengan asam yang berbahaya. Beberapa jenis juga perlu diisi dengan air dari waktu ke waktu.
  • Jangan menggunakan aki (starter) mobil biasa. Baterai deep-cycle, yang biasanya digunakan oleh menyalakan mesin motor boat atau RV, adalah jenis aki yang bisa digunakan untuk tenaga surya, karena mereka dibuat untuk dapat mengeluarkan daya secara berulang ketimbang satu kali semburan daya sewaktu menyalakan mesin.
  • Aki kering “sel gel” adalah baterai timbal-asam yang disegel, dengan asam yang dibungkus dengan material untuk mengurangi bahaya kalau aki ini bocor. Aki ini tidak mahal jika dilihat dari kapasitasnya, meskipun lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah biasa. Aki ini biasanya relatif lebih berat jika dibandingkan dengan baterai non-timbal-asam.
  • Baterai yang mengandung timbal-asam dapat rusak karena pengeluran daya berlebih atau pengecasan berlebih, atau dibiarkan lama tidak dicas. Pengendali arus dapat mencegah pengecasan atau pengeluaran daya berlebih; untuk alat portabel harus langsung dicas setelah dipakai.
    • Baterai pada umumnya harus langsung dicas setelah dipakai. Baterai nikel-kadmium, yang sekarang sudah ditinggalkan, adalah jenis yang harus dikosongkan terlebih dahulu sebelum dicas.
  • Baterai nikel-metal-hidrida (NiMH) adalah baterai bersegel, tahan lama, dan pada umumnya relatif aman. Harganya tidak mahal dan lebih ringan jika dibandingkan dengan aki per unit energi yang disimpan, jadi baterai ini baik untuk alat portabel. Baterai ini tersedia dalam ukuran standar “AAA”, “AA”, “C” dan “D”, jadi jika Anda menggunakan sistem tenaga surya, Anda tidak membutuh alat khusus yang memakai tenaga surya, cukup charger dan baterai biasa yang murah.
    • Baterai NiMH pada umumnya dapat habis dalam sebulan jika tidak dipakai; baterai “tahan lama” butuh waktu setahun atau lebih untuk habis jika dibiarkan.
    • Pastikan untuk baterai cas dengan ukuran yang lebih besar dari AA, seperti C dan C, memiliki kapasitas lebih besar beberapa ribu mAH dibandingkan yang lain atau lebih murah dan mencukupi kebutuhan Anda. Beberapa di antaranya adalah baterai AA dalam cangkang yang lebih besar.
  • Baterai litium-ion sangat ringan tetapi mahal jika dilihat dari kapasitasnya, dan biasanya cocok untuk alat portabel seperti laptop.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 8
8.  Memilih pengatur arus. Pengatur arus harus sesuai dengan jenis baterai (aki basah, aki kering, NiMh, dll.), kapasitas, dan jumlah baterai yang digunakan. Anda mungkin membutuhkan yang sesuai dengan baterai yang sudah Anda miliki, dan juga yang tidak Anda miliki, karena pengatur arus relatif tidak mahal dan tahan lama dan mempermudah pengembangan selanjutnya.
  • Beberapa fitur pentingnya adalah melindungi terhadap pengecasan berlebih, pemakaian hingga baterai kosong, dan laju pengecasan atau pemakaian berlebih.
  • Biasanya kita bisa mengasumsikan bahwa semua peralatan all-in-one memiliki pengatur arus standar dan bahwa komponen lain tidak bisa mengecas atau menghabiskan listrik terlalu cepat, tetapi perlindungan supaya tidak terjadi pemakaian sampai baterai kosong adalah sebuah fungsi yang penting khususnya untuk peralatan yang menggunakan aki basah maupun aki kering.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 9
9.  Memilih inverter (untuk sistem daya saja). Pastikan jenis gelombang yang dihasilkan; “gelombang sinus murni” (gelombang mulus, seperti yang dihasilkan generator mekanik) umumnya lebih baik bagi hampir semua alat, khususnya alat elektronik yang sensitif, dari pada “gelombang sinus modifikasi”, yang dapat berisiko menimbulkan kerusakan; jenis gelombang lain tidak bisa dipakai. Kapasitasnya harus mencukupi semua kebutuhan yang Anda inginkan sekaligus; kapasitas berlebih relatif tidak mahal dan tidak membahayakan.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 10
10. Pelajari tentang perkabelan listrik atau cari tukang listrik yang mumpuni, kalau bisa yang terbiasa dengan tenaga surya atau paling tidak cukup cerdas untuk memasang semua bagian dari sistem tenaga surya. Memasang listrik tidaklah mudah, jadi jika anda ingin membuat proyek tenaga surya sendiri, lebih baik Anda memaparkan rencana Anda kepada orang yang lebih mengerti terlebih dahulu.
Image titled Live Sustainably With Solar Energy (Solar Photovoltaic _ P.V. Electric Power) Step 11

Memilih beberapa peralatan listrik.

  • Lampu: Lampu TL atau lampu hemat energi adalah jenis lampu yang efisien, murah, tahan lama dan berdaya kuat. Lampu LED juga kuat dan tahan lama tetapi sangat mahal dalam kapasitas besar sehingga lebih cocok dipakai untuk senter, lentera, dan lampu kecil lainnya. Tingkatkan efisiensi mereka sebisa mungkin dengan menggunakan reflektor dan prisma penyebar cahaya, jangan memakai tudung.
  • Komputer: Laptop adalah yang terbaik karena ia hanya mengkonsumsi sedikit daya listrik. Laptop bekas harganya cukup murah, dan dapat menjalankan perangkat lunak standar dengan baik. (Tidak apa-apa jika baterai aslinya sudah rusak karena usia, karena tetap bisa dipakai selama tercolok listrik.)
    • Laptop biasanya tidak memiliki pendingin yang baik — bersihkan ventilasi secara rutin.
    • Jika komputer dan koneksi Internet bukan hal yang umum di daerahmu, Anda bisa mendirikan warnet.
  • Perkakas listrik: perkakas yang bisa dicas (mengecas baterai dari sambungan listrik) menggunakan sedikit daya dan proses pengecasannya tidak banyak memakan daya dengan cepat, sehingga membuatnya cukup baik bagi sistem tenaga surya kecil.
  • TV: Tidak usah memiliki TV, tetapi jika Anda tetap menginginkannya, pakailah TV LCD karena konsumsi listriknya rendah.
  • ========================================================================================================

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,