Mengenal Lebih Jauh Tentang Lampu Tenaga Surya

Lampu Tenaga Surya– Lampu tenaga surya adalah sebuah lampu yang menggunakan tenaga matahari dan terdiri dari lampu LED, sebuah panel surya fotovoltaik, dan sebuah baterai isi ulang. Lampu tenaga surya dapat digunakan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Bagi yang di luar ruangan biasanya digunakan untuk dekorasi taman sedangkan yang di dalam ruangan digunakan sebagai penerangan di garasi.

Lampu Tenaga Surya

Untuk membuat lampu tenaga surya paling tidak ada empat buah komponen dasar yaitu Solar Panel, Charger Controller, Baterai/Aki, dan lampu itu sendiri.
Solar Panel
Dalam sebuah sistem tenaga surya, solar panel menjadi komponen yang utama yang berfungsi untuk mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik Jenis – jenis solar panel berdasarkan material penyusunnya yang umum di pasaran adalah monocrystalline dan polycrystalline, walaupun diluar itu masih banyak jenis yang lain.
Charger Controller
Charger Controller atau charger regulator pada dasarnya adalah sebuah pengaturan tegangan dan/atau arus listrik untuk mencegah baterai dari overcharging. Charger Controller mengatur tegangan dan arus listrik yang keluar dari solar panel menuju baterai. Solar Panel 12 Volt mampu mengeluarkan tegangan antara 16 hingga 20 Volt, sedangkan baterai 12 Volt membutuhkan tegangan sekitar 14 – 14,5 Volt untuk charging. Oleh sebab itu tegangan yang keluar dari solar panel perlu diatur supaya tidak merusak baterai. Charger Controller yang ada dipasaran sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur auto on/off. Dimana ketika solar panel tidak lagi menerima cahaya matahari maka charger controller akan mengaktifkan beban/lampu dengan sumber daya dari baterai. Begitu juga sebaliknya ketika solar panel menerima cahaya matahari dipagi hari, otomatis charger controller akan memutus tegangan yang menuju lampu dan melakukan pengisian ke baterai.
Baterai
Baterai yang digunakan khusus untuk tenaga surya berjenis Deep Cycle. Baterai tersebut dapat digunakan hingga hanya menyisakan 20% dari kapasitas baterai tanpa menimbulkan kerusakan baterai. Tetapi karena harganya yang cukup mahal, banyak yang menggantikan dengan baterai mobil / aki basah yang lebih terjangkau. Tetapi penggunaan aki basah juga memiliki kekurangan yaitu perawatan yang rutin dan penggunaan daya yang umunya hanya 50% dari kapasitas baterai untuk menghindari kerusakan aki.
Lampu Penerangan
Baiknya lampu yang digunakan adalah lampu Led. Lampu Led mampu mengkonversi energi listrik menjadi cahaya dengan lebih baik dibandingkan lampu pijar konvensional maupun lampu CFL. Efisiensinya mencapai 70 – 110 Lumens/watt. Bila menggunakan lampu penerangan DC 12 Volt, maka kita bisa langsung menghubungkan dengan charger controller solar cell.

Tags: , ,