Tips Memilih dan Memasang Pompa Air

Tips Memilih dan Memasang Pompa Air– Dalam memilih pompa air anda haruslah cermat agar tidak mudah rusak dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai Tips Memilih dan Memasang Pompa Air:

Tips Memilih dan Memasang Pompa Air

Kedalaman Air. Ukur kedalaman permukaan air dari permukaan tanah di mana pompa akan dipasang. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali salah, karena yang sering diberikan oleh konsumen adalah kedalaman sumur bukan kedalaman permukaan air. Pipa bisa saja anda benamkan sampai 30 m walaupun permukaan airnya berkedalaman hanya 3 m. (Gbr. 1) Bila sumber air yang akan anda gunakan adalah sumber air yang lama, anda dapat mengukur sendiri ketinggian air dengan memasukkan paku yang diikat dengan benang. Pertimbangkan kemungkinan penurunan permukaan air di musim kemarau, anda bisa menambah 1 – 2 meter dari pengukuran dari musim penghujan.

Sesuaikan Daya Listrik dan Kedalaman. Pompa sumur dangkal berdaya listrik 125 atau 200 watt sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, daya listrik yang lebih besar bukan berarti dapat menghisap lebih dalam. Hanya mempengaruhi kapasitas. Contoh: Dengan daya 200 watt, kapasitas air, dalam arti volume air yang dikeluarkan oleh pompa per jam, lebih besar daripada yang 125 watt. Berbeda pula dengan pompa berjenis jet pump, daya listrik yang besar memiliki daya hisap yang lebih dalam pula.

Volume Air yang di hasilkan pompa / berapa Debit/Jam carilah informasi tentang berapa volume air yang di hasilkan mesin pompa tersebut untuk tiap perjam nya biasanya di buku petunjuk mesin pompa tersebut sudah ada,apa bila kesulitan mintalah informasi kepada produsen tersebut. untuk keperluan rumah biasa hal ini tidak begitu penting, semua pompa pasti mencukupi keperluan rumah tangga anda.

Daya Listrik pompa. Pompa biasa berdaya listrik 125 atau 200 watt sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, dayalistrik yang lebih besarbukan berarti dapat menghisap lebih dalam. Contoh: Dengandaya 200watt, kapasitasAir,dalam arti volumeair yang dikeluarkan oleh pompaair tersebut per jam, lebih besar daripada yg 125 watt. Berbeda pula dengan mesinpompa berjenis Jetpump, dayalistrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam pula.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *